Back

Tips-tips Menyelamatkan Diri Dari Kondisi Kebakaran

Terkadang, apa yang kita rencanakan tidak terjadi sesuai dengan kenyataan. Ada saja kejadian-kejadian tidak terduga, seperti rapat dibatalkan mendadak sampai bencana kebakaran.

 

Kebakaran bisa saja terjadi di sekitar kita. Ada banyak potensi kebakaran yang perlu kita ketahui, agar kebakaran dapat dihindari. Selain mengetahui potensi kebakaran, kita juga perlu mengetahui bagaimana jika kebakaran terjadi di depan mata. Apakah kamu hanya akan berdiam diri melihat rambat api yang semakin membesar, atau menyelamatkan diri dan kemudian memadamkan api?

 

Nah, berikut ini tips untuk kamu agar dapat menyelamatkan diri dari kebakaran:

 

  1. Tenangkan Diri dan Tidak Panik

Pikiran akan sulit memaksimalkan kerjanya, kalau kamu membiarkan rasa panik menguasai dirimu. Ketika kebakaran tejadi, kamu harus berusaha tetap tenang, agar dapat memilih keputusan tepat untuk menyelamatkan diri.

 

  1. Matikan peralatan listrik

Ketika terjadi kobaran api yang cuku besar, perhatikan sekitarmu. Apakah ada alat listrik yang sedang menyala, segera matikan agar tidak merambat. Kamu juga bisa langsung matikan listrik dari sekring, untuk memutus jalannya si jago merah.

 

  1. Padamkan Api Saat Belum Terlalu Besar

Saat api merambat ke mana-mana, segera padamkan. Api akan sulit dipadamkan jika kamu hanya memanfaatkan air kamar mandi. Nah, kondisi seperti ini kan tidak tahu kapan terjadi, maka dari itu kita perlu persiapan alat pemadam kebakaran.

Memadamkan api dengan pemadam kebaran akan jauh lebih cepat dan efektif. Kamu bisa menggunakan Fire Blanket atau APAR Powder dengan ukuran yang sesuai dengan ruangan rumah/kantor. Letakkan alat pemadam kebakaran di tempat-tempat strategis yang mudah diambil.

Keselamatan perlu direncanakan, oleh sebab itu pilihlah alat pemadam kebakaran yang berkualitas tinggi. Kamu bisa melihat-lihat di laman ini untuk melihat berbagai produk alat kebakaran. (insert short link, produk mitra safety).

 

  1. Lindungi Saluran Napas

Jika api berkobar besar dan mengeluarkan asap yang begitu banyak, segera selamatkan saluran pernapasanmu. Api membakar oksigen di sekitarnya dan menghasilkan karbondioksida, jika diisap akan membuatmu sesak napas dan pingsan. Tahan napas sembari kamu lari menyelamatkan diri.

 

  1. Beri Tahu Orang-orang di Sekitar

“Kebakaraaan! Kebakaraaan!!!” Jika ada api berkobar, dan kamu sulit untuk mengatasinya, segera beritahu orang sekitar. Supaya mereka dapat menyelamatkan diri dan bekerja sama untuk memadamkan api sembari petugas pemadam datang.

 

  1. Ikuti Petunjuk Evakuasi

Jika kamu sedang berada di transportasi umum 

 

  1. Telepon Pemadam Kebakaran

Ketika kamu melihat kebakaran besar, segera telepon pemadam kebakaran. Update instastory-nya nanti dulu. Pemadam kebakaran dulu yang paling penting.

 

  1. Tidak Tidak Terjebak Mengejar Satu Pintu Keluar

Hal yang paling banyak memakan korban ketika kebakaran di dalam gedung adalah fokus pada satu pintu keluar. Akibatnya terjadi desak-desakan, dan kehabisan napas. Semakin sulit untuk menyelamatkan diri dari api. Cobalah untuk mencari jalan keluar yang lain, tidak terfokus pada satu pintu.

 

Di manapun kamu berada, tetaplah waspada dengan bahaya api. Sesekali ikut latihan atau simulasi menyelamatkan diri dari kebakaran. Oh iya, jangan lupa siapkan alat pemadam kebakaran yang berkualitas untuk jaga-jaga. Jadi ketika melihat kebakaran, kamu bisa sigap memadamkan. Kalau kamu belum memiliki alat pemadam kebakaran, bisa banget berkunjung ke laman berikut ini. (insert link produk mitra fire safety)

 

#SafetyLebihBaik