Back

Ragam Potensi Bahaya Api yang Ada di Sekitar Kita

Kita semua sepakat kalau bencana kebakaran itu berbahaya banget. Percikan api merambat, membuat semua yang ada di sekitarnya terbakar. Tapi, kita juga nggak bisa menghindari diri dari api. Kita butuh api untuk keperluan masak sehari-hari. Api juga digunakan untuk pembakaran logam, menjadi alat yang biasa kita gunakan. Jadi nggak mungkin kalau kita bisa menghindari api sama sekali agar tidak terkena potensi bahaya.

 

Oleh sebab itu, penting bagi kita mengetahui apa saja potensi bahaya api yang ada di sekitar, agar kita bisa waspada dan sigap ketika menghadapi bahaya:

1. Aktivitas Memasak

Memasak tentu menggunakan api, kompor listrik, ricecooker, atau oven. Kadang ketika memasak, di saat yang sama kita juga butuh menyelesaikan aktivitas lain, seperti mengangkat telepon dadakan, atau menyambi dengan bikin minuman dan potong-potong bahan makanan. Pekerjaan rumah emang bikin riweh banget. Jadi kita nggak selalu 100% fokus ke kompor. Nah, penting bagi kita untuk waspada dari bahaya api kalau masakan ditinggal lama. Tidak sedikit lho kasus kebakaran terjadi karena lupa mematikan kompor.

2. Korsleting Listrik

Biasanya korsleting listrik ini terjadi karena rangkaian listrik yang cukup rumit kayak hubunganmu dengan doi jadinya mudah tersulut api, eh. Selain itu, penyebabnya juga stop kontak yang platina di dalamnya sudah longgar. Stop kontak yang seperti ini akan mudah panas ketika digunakan. Ketika mencolok kabel dengan watt yang besar, bisa terbakar.

3. Kabel Alat Elektronink yang Terkelupas

Coba perhatikan alat-alat elektronik di sekelilingmu, apakah ada yang kabelnya sudah terkelupas? Jika ada, mungkin kamu dapat mengamankan benda tersebut, atau segera membalut kabelnya dengan perekat. Sehingga kabel tersebut tidak bergesekan dengan benda kain atau karpet yang dapat menimpulkan percikan api.

4. Kecelakaan Kendaraan Bermobil

Kecelakaan mobil yang menyebabkan benturan parah, dapat merusak komponen kelistrikan. Rusakan ini dapat menciptakan percikan api dan menyulut kebakaran. Jadi, kalau kamu ketemu kecelakaan mobil, segera tolong korban untuk keluar dan waspada dengan bahaya api.

5. Musim Kemarau

Pohon-pohon kering di hutan, ketika musim kemarau yang sangaaat panas, musim kering yang sangat ekstrim (El Nino), dapat menyebabkan kebakaran lho. Jadi bagi yang punya lahan di hutan, waspada cuaca ya!

 

Selalu hati-hati ya dengan potensi bahaya api di sekitar kita. Sebagai antisipasi bahaya, sediakan juga ala-alat pemadam kebakaran yang mudah digunakan di saat-saat muncul bahaya api, seperti APAR Powder, Hydrant, Fire Blanket, dan sebagainya.

Alat pemadam kebakaran (APAR) powder dapat membantu memadamkan api dengan menyemprotkan bubuk khusus, sedangkan hydrant membantu memadamkan air dengan air yang dipompa secara kuat, dan fire blanket dapat membantu kamu memadamkan api hanya dengan menyelimuti sumber api. 

Masih ada banyak jenis APAR, hydrant, dan alat kebakaran lainnya, yang memiliki cara berbeda-beda untuk memadamkan api. Nah, untuk tau apa saja jenis produk alat pemadam kebakaran, kamu bisa kunjungi laman situs produk Mitra Fire Safety. Nah, kalau kamu bertemu kebakaran, kira-kira apa yang akan kamu lakukan?

 

#SafetyLebihBaik